Sisra Yosi

Sisra Yosi seorang guru SMPN 3 GAUNG ANAK SERKA salah satu sekolah di kabupaten inhil...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sastra Lisan( tantangan gurusiana hari ke-83)

Sastra Lisan( tantangan gurusiana hari ke-83) Bercerita dengan lisan jauh lebih mudah dari pada menulis. Terbukti banyaknya sastra lisan yang telah lahir di negri kita tercinta ini. Salah satunya adalah sastra lisan yang berasal dari Riau namany Abdullah bin Endong, atau lebih di kenal dengan Yong Dolah. Yong Dolah almarhum adalah sastra lisan yang selalu duduk di kedai kopi. Beliau telah melahirkan banyak cerita. Menurut kita tidak masuk akal tetapi di balik ceritanya terkandung banyak nasehat. Contoh ceritanya, "pada suatu hari yong mau metik buah kelapo, sampai di atas yong baru teringat lupo bawa tanggo, lalu yong turun menjempot tanggo kat rumah, lalu kemudian yong turun. Dari situ bisa kita menyimpulkan bahwa seseorang untuk melakukan sesuatu mesti dengan perhitungan yang matang. Begitulah kira-kira sastra lisan yang sudah di hasilkan, oleh seorang Yong Dolah. Sekarang ini negara kita telah banyak menghasilkan sastra-sastra lisan. Mereka lahir dari ajang pencarian bakat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post